Mendeley: manajer referensi yang mahasiswa perlu manfaatkan

Mahasiswa akan menulis artikel-artikel akademik mulai dari artikel untuk memenuhi kelas sampai dengan skripsi. Saya menekankan kepada mahasiswa bimbingan saya untuk memahami literatur dengan baik. Pemahaman literatur yang baik akan memudahkan mahasiswa mendalami debat intelektual dan perkembangan alat analisis. Pendalaman literatur bisa mahasiswa lakukan sejak mengambil mata kuliah wajib konsentrasi dan mata kuliah lokakarya. Bekal pemahaman literatur mendukung mahasiswa dalam penulisan artikel, pengumpulan data, dan analisis data.

Komponen terpenting dalam ulasan literatur adalah membaca artikel-artikel di literatur tersebut. Mahasiswa dapat mengunduh satu artikel acuan yang muncul di kelas maupun buku teks. Kemudian, mahasiswa bisa melihat artikel-artikel lain di artikel acuan tersebut. Satu artikel akan menuntun mahasiswa ke artikel lainnya hingga nantinya mahasiswa memahami perkembangan debat literatur tersebut.

Dalam kuliah ekonometrika, saya selalu melakukan advokasi kepada mahasiswa untuk menulis do-files yang merangkum semua program yang telah ditulis. Menggunakan analogi ini, saya menyarankan mahasiswa untuk mulai menggunakan manajer referensi untuk mengelola artikel-artikel yang mahasiswa telah baca. Saya menggunakan BibDesk selama beberapa tahun karena integrasinya dengan LaTex. Saat ini, Mendeley adalah manajer referensi yang saya gunakan dan saya rekomendasikan.

Mendeley adalah manajer referensi dengan interoperabilitas yang cukup tinggi. Pengguna dapat mengunduh Mendeley untuk Mac dan PC, perangkat Apple berbasis iOS, dan perangkat berbasis Android. Pengguna cukup membuka satu akun untuk sinkronisasi artikel yang diunduh di laptop, telepon genggam, sampai tablet. Mahasiswa UGM dapat memanfaatkan akun UGM untuk mendapatkan berbagai manfaat tambahan. Pengguna yang menggunakan Safari atau browser lain dapat memanfaatkan plug-in yang Mendeley sediakan untuk mengunduh metadata dan PDF-nya sekaligus kedalam pustaka pribadi.

Pengguna dapat memanfaatkan integrasi Mendeley dengan Microsoft Word, LaTex, dan Open Office untuk menghasilkan daftar pustaka. Saya demonstrasikan fitur ini ke mahasiswa di beberapa kelas saya. Dari ekspresi mereka, saya bisa katakan bahwa fitur ini akan menghemat waktu mereka karena sebagian besar dari mereka masih melakukan pencatatan secara manual. Pengguna juga dapat menggunakan Mendeley sebagai PDF reader untuk dokumen-dokumen yang telah diunduh.

Gunakan referensi manajer dan hemat waktu Anda untuk membaca artikel dan menulis!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s